Saturday, February 7, 2009

Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut



Kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi menyebabakan gigi berlubang/karies.gigi berluang disebabkan oleh tertimbunnya plak pada gigi yang disebabkan oleh konsumsi makanan manis yang berlebih. Penyakit gigi lain seperti karang gigi disebabkan oleh kuman dan bakteri yang mengeras akibat mineral air ludah, dan penyakkit radang gusi disebabkan oleh kuman dalam gusi yang mengeluarkan racun. Tips untuk mencegah gangguan gigi:
1. Menyikat gigi minimal 2x sehari yaitu sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur
2. Menyikat gigi langsung setelah mengkonsumsi makanan manisd dan lengket
3. Memilih sikat gigi yang tidak memiliki bulu sikat terlalu keras
4. Menerapkan cara menyikat gigi yang benar yaitu menyikat dari arah gusike gigi
5. Mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau bila bulu sikat sudah mekar
Menyikat gigi sebelum tidur sangat penting karena pada waktu tidur, tidak ada sirkulasi air liur dalam mulut dan bakteri berkembanng 2x lipat lebih banyak dibanding saat beraktivitas disiang hari.sebab itulah, menyikat gigi sebelum tidur berkhasiat menguranngi jumlah bakteri yang hidup di dalam mulut ketika tidur.
Pemilihan pasta gigi juga membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.Pasta tersebut berbahan ilmiah yang dibutuhkan oleh gigi seperti triclosan dan zinc citrate diperlukan untuk menghambat perkembanngan plak seama kurang lebih 18 jam. Fluoride dan kalsium digunakan sebagai perllindungan maksimum agar gigi tidak berlubang. Selain bahan ilmiah ada juga bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan gigi seperti, daun sirih yang berfungsisebagai antiseptic, jeruk nipis dan garam.
Dan jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin 6 bulan sekali untuk menghilangkan plak dank rang gigi yang tumbuh sehingga tidak terlalu menumpuk.

2 comments:

  1. Yes.. memang menjaga gigi itu sangat penting. Saya baru merasa setelah hilang satu gigi bagian depan.. :)

    ReplyDelete
  2. Yes.. memang menjaga gigi itu sangat penting. Saya baru merasa setelah hilang satu gigi bagian depan.. :)

    HR Blog

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan jejak disini