Monday, February 9, 2009

Di temukan planet lain yang mirip bumi


COROT, Satelit pemburu planet asing milik Perancis, berhasil merekam planet baru di luar tata surya. Ukurannya tak lebih dari dua kali ukuran Bumi dan termasuk planet asing terkecil yang pernah ditemukan.
Planet tersebut mengorbit bintang yang mirip Matahari dan kemungkinan termasuk planet padat seperti Bumi. Penemuan planet padat termasuk mengejutkan karena, dari 300-an planet asing yang terdeteksi, hampir semuanya berupa gumpalan gas raksasa seperti Planet Jupiter.
Untuk pertama kalinya COROT mendeteksi sebuah planet yang berbatu seperti Bumi. Penemuan ini sangat penting dalam rangka untuk pembentukan dan evolusi planet bumi,
Planet tersebut mungkin tersusun dari setengah batu dan setengah air. Jadi, pantas kalau planet tersebut disebut "planet sauna" mengingat betapa panasnya suhu di permukaannya. Dengan suhu sebesar itu, kehidupan hampir dikatakan mustahil.
Dengan teknik tersebut, para astronom dapat memperkirakan ukuran planet tersebut. Planet tersebut jelas bukan planet gas meskipun belum diketahui massanya. Namun, diperkirakan antara 5,7 hingga 11 massa Bumi.
sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment

silahkan tinggalkan jejak disini