Thursday, February 12, 2009

Hidup dan Matikan Mesin Mobil Pakai Ponsel



Membuka dan menutup lock pintu tak cuma pakai remote. Kini bisa dilakukan melalui telepon selular. Sekalian buat menghidupkan dan mematikan mesin, memberi informasi dan tracking keberadaan mobil yang sedang berjalan jika dikendarai teman, istri atau keluarga. Lebih menolong lagi, jika dibawa kabur maling.

Sistem itu sudah diracik oleh rumah modifikasi Jhona Auto Fashion (JAF) yang mereka sebut Cellular Security System (CSS) dengan teknik custom. Meski sudah pernah ada, tapi ini bukan copy paste. "80 persen pake barang-barang elektronik yang gampang dicari," papar Made Dharmawan, sang konseptor.

Perangkat yang dipakai terdiri dari ponsel yang masih berfungsi, motor CT2 dari Auto Loc atau modul yang biasa dipakai untuk menggerakkan motor power window, mini power amplifier, relai-relai, modul central lock, dan modul flasher lampu LED. Semua saling terkoneksi.

Cara kerjanya, ketika ada panggilan dari nomor pemilik ke ponsel di mobil yang tersambung ke perangkat. Maka sinyal dering yang diteruskan via kabel yang dipasang ke lubang jack ponsel akan diubah menjadi arus listrik sebesar 2,5 volt oleh mini power amplifier sebelum diteruskan ke relai trigger. Relai ini kemudian akan memicu pergerakkan modul central lock, untuk memberikan waktu kepada motor CT2 Auto Loc mengatur pergerakkan motor starter via kabel kontak. Tak berapa lama mesin pun hidup.

Kerja motor CT2 bisa diatur dengan cara menekan tombol dan memperhatikan isyarat lampu yang dibawanya secara manual. Namun harus dibarengi dengan upgrade kapasitor modul cebtrak lock denngan daya yang lebih besar.

Karena memiloiki sistem kerja bolak balik, motor akan membalik prosesnya (memberi informasi balik kalau mesin sudah hidup). Di sinilah kinerja modul flasher lampu LED berfungsi. Karena sifatnya flasher (punya kemampuan buat mengedipkan deretan lampu LED), maka keunikan itu dipergunakan untuk menggerakkan ponsel secara elektronik.

Masaing-masing ngerakan bisa diatur untuk membuka kunci ponsel, mencari nomor terakhir yang terkoreksi, dan mendial nomor tersebut. Untuk sistem yang ini, kabel ke ponsel tersambung ke elemen-elemen tombol ponsel itu.(Motor)

2 comments:

  1. Wah semakin canggih saja ya teknologi sekarang,,,

    ReplyDelete
  2. canggih dan kreatif karya anak negeri,tapi pemerintah tidak memperhatikan dan membina hal tersebut,iyakan mbak :D

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan jejak disini